RENCANA
PERENCANAAN PEMBALAJARAN
(RPP)
SD : SDN V
Palangkaraya
MAPEL : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : V/I
SK :
Membaca Surah-Surah al-Qur’an
SD :
Membaca Surat al-Fatihah Dengan Lancar
Indikator :
·
Menghafal surat al-Fatihah dengan
Harakat dan Makhraj yang benar
·
Menerapkan hukum bacaan yang ada
pada surat al-Fatihah (bacaan alif lam dan idhar)
Alokasi
Waktu : 2 X 35 Menit (2X Pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Siswa dapat melafalkan surat
al-Fatihah dengan harakat dan makhraj yang benar sekaligus dapat menetapkan hukum
bacaan yang ada pada surat al-Fatihah.
2.
Siswa dapat mengartikan surat
al-Fatihah dengan benar.
3.
Siswa dapat menulis kata dan kalimat
surat al-Fatihah dengan benar.
4.
Siswa dapat menyebutkan sekaligus
memahami isi pokok surat al-Fatihah.
Materi
Pembelajaran : Surat al-Fatihah
Metode
Pembelajaran :
1.
Siswa berlatih melafalkan surat
al-Fatihah dengan Harakat dan Makhraj dengan benar.
2.
Siswa berlatih melafalkan surat
al-Fatihah dengan menerapkan hokum bacaan yang benar.
3.
Siswa berlatih mengartikan surat
al-Fatihah.
4.
Siswa berlatih menulis kata dan
kalimat surat al-Fatihah.
5.
Siswa mengadakan diskusi dengan
teman-teman mengkaji isi pokok surat al-Fatihah.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1.
Kegiatan pendahuluan :
·
memulai dengan salam menyapa siswa
dan berdoa.
·
Tadarrus bersama surat al-Fatihah
yang telah dihafalkan siswa.
·
Memotivasi, membangkitkan minat dan
menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya surat-surat pendek.
·
Meminta siswa menyiapkan buku.
2.
Kegiatan Inti :
·
Siswa melafalkan surat al-Fatihah
secara berkelompok dan individu.
·
Siswa melafalkan surat al-Fatihah
dengan menerapkan Harakat dan Makhraj dengan hukum bacaan yang ada pada surat
al-Fatihah secara berulang-ulang.
·
Siswa mengartikan surat al-Fatihah
secara berkelompok.
·
Siswa menulis kata dan kalimat surat
al-Fatihah berdasarkan instruksi dan penjelasan guru.
·
Siswa menyebutkan isi pokok
kandungan surat al-Fatihah secara kelompok.
3.
Kegiatan Penutup :
·
Guru mengadakan Tanya jawab dengan
siswa tentang isi pokok surat al-Fatihah dan pemahaman siswa mengenai hokum
bacaan yang ada pada surat al-Fatihah.
·
Guru membacakan kesimpulan dari
materi surat al-Fatihah yang telah disampaikan.
·
Siswa menceritakan kisah dalam
sepenggalan kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri.
Alat/Sumber
Belajar :
1.
Tulisan surat al-Fatihah beserta
artinya dikarton.
2.
Tulisan definisi hokum-hukum bacaan
dikarton.
3.
Buku pendidikan agama Islam kelas V.
4.
Buku Tajwid.
5.
Kaset/CD al-Qur’an tentang surat
al-Fatihah.
6.
Pengalaman guru.
Penilaian
:
1.
Lafalkan surat al-Fatihah dengan
Makhraj, Harakat dan hokum bacaan yang benar.
2.
Berilah contoh bacaan alif-lam
(al-Qamariah dan al-Syamsiah) yang ada pada surat al-Fatihah.
3.
Sebutkan nama lain surat al-Fatihah.
Mengetahui
No comments:
Post a Comment