Social Icons

Pages

March 10, 2013

Contoh RPP (Rencana Perencanaan Pembelajaran)


RENCANA PERENCANAAN PEMBALAJARAN
(RPP)
SD                               : SDN V Palangkaraya
MAPEL                       : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER    : V/I

SK : Membaca Surah-Surah al-Qur’an
SD : Membaca Surat al-Fatihah Dengan Lancar
Indikator :  
·         Menghafal surat al-Fatihah dengan Harakat dan Makhraj yang benar
·         Menerapkan hukum bacaan yang ada pada surat al-Fatihah (bacaan alif lam dan idhar)
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit (2X Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa dapat melafalkan surat al-Fatihah dengan harakat dan makhraj yang benar sekaligus dapat menetapkan hukum bacaan yang ada pada surat al-Fatihah.
2.      Siswa dapat mengartikan surat al-Fatihah dengan benar.
3.      Siswa dapat menulis kata dan kalimat surat al-Fatihah dengan benar.
4.      Siswa dapat menyebutkan sekaligus memahami isi pokok surat al-Fatihah.
Materi Pembelajaran : Surat al-Fatihah
Metode Pembelajaran :
1.      Siswa berlatih melafalkan surat al-Fatihah dengan Harakat dan Makhraj dengan benar.
2.      Siswa berlatih melafalkan surat al-Fatihah dengan menerapkan hokum bacaan yang benar.
3.      Siswa berlatih mengartikan surat al-Fatihah.
4.      Siswa berlatih menulis kata dan kalimat surat al-Fatihah.
5.      Siswa mengadakan diskusi dengan teman-teman mengkaji isi pokok surat al-Fatihah.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1.        Kegiatan pendahuluan :
·         memulai dengan salam menyapa siswa dan berdoa.
·         Tadarrus bersama surat al-Fatihah yang telah dihafalkan siswa.
·         Memotivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya surat-surat pendek.
·         Meminta siswa menyiapkan buku.

2.        Kegiatan Inti :
·         Siswa melafalkan surat al-Fatihah secara berkelompok dan individu.
·         Siswa melafalkan surat al-Fatihah dengan menerapkan Harakat dan Makhraj dengan hukum bacaan yang ada pada surat al-Fatihah secara berulang-ulang.
·         Siswa mengartikan surat al-Fatihah secara berkelompok.
·         Siswa menulis kata dan kalimat surat al-Fatihah berdasarkan instruksi dan penjelasan guru.
·         Siswa menyebutkan isi pokok kandungan surat al-Fatihah secara kelompok.

3.        Kegiatan Penutup :
·         Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa tentang isi pokok surat al-Fatihah dan pemahaman siswa mengenai hokum bacaan yang ada pada surat al-Fatihah.
·         Guru membacakan kesimpulan dari materi surat al-Fatihah yang telah disampaikan.
·         Siswa menceritakan kisah dalam sepenggalan kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri.
Alat/Sumber Belajar :
1.      Tulisan surat al-Fatihah beserta artinya dikarton.
2.      Tulisan definisi hokum-hukum bacaan dikarton.
3.      Buku pendidikan agama Islam kelas V.
4.      Buku Tajwid.
5.      Kaset/CD al-Qur’an tentang surat al-Fatihah.
6.      Pengalaman guru.

Penilaian :
1.      Lafalkan surat al-Fatihah dengan Makhraj, Harakat dan hokum bacaan yang benar.
2.      Berilah contoh bacaan alif-lam (al-Qamariah dan al-Syamsiah) yang ada pada surat al-Fatihah.
3.      Sebutkan nama lain surat al-Fatihah.







Mengetahui

No comments:

Post a Comment